Saturday, December 19, 2009

ARTIKEL LAIN ( Potret Pendidikan di Daerah )

Pendidikan sebagai usaha sadar manusia untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia  di dunia, usaha sadar ini dilakukan untuk mewujudkan cita - cita manusia dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Maka tak perlu heran manusia selalu tidak puas dengan keadaan yang sekarang dirasakan.

Upaya pendidikan dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui pendidikan dalam keluarga / masyarakat dan pendidikan formal lainnya yang diharapkan mampu melakukan perubahan. Perubahan pendidikan ini dilakukan untuk mencapai pembelajaran yang lebih baik dan berkualitas. Pendidikan membutuhkan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung terhadap pelaksanaan pembangunan pendidikan.

PENDIDIKAN NASIONAL
Bangsa Indonesia telah melakukan upaya pengembangan pendidikan dan pengajaran melaluiu pendidikan formal yang diselenggarakan dari TK sampai Perguruan Tinggi . Pendidikan nasional  merupakan usaha negara Indonesia dalam rangka meraih tujuan negara yaitu dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Negara Indonesia secara bertahap memberikan tambahan bagi kesejahteraan guru sehingga dengan ini, kualitas pendidikan bisa terwujud dengan segera. Pemerintah terus melengkapi fasilitas sekolah yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan , anggaran pendidikan diperbesar secar bertahap .


PENDIDIKAN DI DAERAH
Pendidikan di daerah kini mulai menampakkan kemajuan dalam mewujudkan sumberdaya manusia di daerah dalam rangka pembangunan nasional. Pemerintah di daerah mulai mendirikan sekolah- sekolah dan perguruan tinggi dengan sumberdaya lokal. Hal ini untuk menggiatkan pendidikan di daerah, serta pendidikan yang mudah dan terjangkau di daerah. Kita ambil contoh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir sekarang ini telah mendirikan perguruan tinggi di ibukota kabupaten ( kota Tembilahan ). UNISI TEMBILAHAN telah berdiri dan menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan berbagai fakultas yang ada.

Potret pendidikan di daerah masih banyak sekali kekurangan fasilitas sarana dan prasarana, sumberdaya manusia dan tenaga kependidikan yang tidak memenuhi syarat serta pengelolaan pendidikan yang  apa adanya. Pendidikan seperti inilah yang harus diakhiri, dan kita menuju pendidikan yang berwawasan tehnologi, berbudaya dan berkualitas.

SELAMAT BERJUANG PARA GURU SEMOGA MAMPU MEMBANGUN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS.

2 komentar:

SMP NEGERI 4 KERITANG said...
This comment has been removed by a blog administrator.
SMP NEGERI 4 KERITANG said...
This comment has been removed by a blog administrator.