Thursday, April 07, 2011

BERHARAP PROFESIONAL MELALUI MENULIS

Mencobalah untuk membaca karya orang, memahaminya, menyimpulkan dan akhirnya menirunya

BERHARAP PROFESIONAL MELALUI MENULIS.

Di sela- sela waktu luang kadang perlu kita isi dengan kegiatan menulis untuk menambah ketrampilan menulis bagi kami. Menulis lepas tanpa tema sebagai upaya mengnungkapkan ide dan gagasan penulis. menulis itu gampang - gampang susah sih tergantung bagaimana kita melihatnya, terhadap hal tersebut.

Rasanya blog pribadi ini ini sudah berumur juga, mulai online sekitar Tahun 2009 sebagai wujud pengabdian penulis pada bidang pendidikan.  Banyak juga yang kutulis juga, teman pendidikan dan mata pelajaran PKN untuk SMP dan SMA, ini semua untuk peningkatan ketrampilan menulisku dan berusaha menedepankan ide  - ide yang terkadang jadul atau tema - tema segar , sekedar kliping surat kabar, ataupun ekpresi tak sengaja penulis.

Kebanyakan penulis memberikan ulasan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Tulisan ini bagi sebagian orang dianggap basi untuk dibaca namun bagi para pelajar , penulis berharap bisa menikmati tulisan itu sebagai bahan pengetahuan melalui internet positif. 

Apa sih untungnya ngeblog, maksudnya nulis blog gitu lho.........., buat kalangan Guru di kampung atau pedalaman mungkin masih asing. Disamping itu pemikiran sebagian orang ngeblog itu baanyak buang energi dan modal keluar. Anggapan itu benar adanya, coba bayangin berapa biaya koneksi internetnya kalau kita rajin menulis di internet, tak ada honor lagi, semuanya pakai alat pribadi tak ada do numpang di fasilitas sekolah, paling - paling numpang nambah ilmu aja atau sekedar nyari referensi itupun kalau ada yang menarik bagi blogger.

BERHARAP PROFESIONAL ?
profesional menulis tentunya tak semata dilihat dari sisi finansialnya saja, tapi bagi blogger guru merupakan kepuasan tersendiri apabila tulisannya dibaca orang dan menjadi tema hangat di sekolah, atau di masyarakat, cepat atau lambat kemampuan menulis kita menjadi lebih asyik dan enak dibaca serta diambil maknanya. Kami terus menggiatkan diri di bidang tulis menulis di blog ini walau terkadang malas juga , kalau tak ada ide atau lagi mentok ide.

Sebagai bagian dari tantangan profesionalisme dalam menulis perlunya kembali menulis secara sistematis berdasarkan tata tulis yang akan diakui sebagai sebuah karya ilmiah, sehingga memenuhi syarat untuk kenaikan pangkat, itu harapan bagi mereka yang suka menulis karya ilmiah.











1 komentar:

budies said...

yuk pak kita berjuang supaya memiliki blog dan menulis di blog sebagai bagian darikegiatan pengembangan profesi.
salam dari kalimantan tengah