Wednesday, April 20, 2011

MENDIDIK ANAK MELALUI PENDEKATAN HATI

Mencobalah untuk membaca karya orang, memahaminya, menyimpulkan dan akhirnya menirunya

Mendidik merupakan kegiatan profesional Guru yang merupakan kegiatan  menyangkut pembelajaran akademik dan pembelajaran karakter anak di sekolah. Point inilah penting dilakukan oleh Guru terhadap pendidikan karakter yang telah mulai digalakan.

Pendidikan karakter ini diawali dari lingkungan keluarga dan sekolah sebagai lembaga formal, untuk membiasakan anak didik untuk berperilaku dan berkarakter baik sesuai dengan kecerdasannya, dengan taat pada norma dan aturan. Pengembangan Kebiasaan baik dapat dilakukan dengan penyampain materi humanisme dan kebiasaan mencontoh kepada para Guru / Pendidik.

Kebiasaan diharapkan mampu menghasilkan sebuah kebudayaan yang melembaga di sekolah, sehingga sekolah diharpkan mampu membentuk kebudayaan baru sesuai dengan aturan dan norma yang ada dalam sebuah negara. Kebudayaan akan menjadi sebuah acuan dan pembelajaran bagi anak didik manakala, kebudayaan mampu mengikuti perkembangan kecerdasan anak, perkembangan jaman, serta perkembangan Tehnologi dan Informasi.

Permasalahan di sekolah umumnya menyangkut pergeseran nilai budaya, kebiasaan jelek siswa, perilaku siswa yang menyimpang, perlu dikurangangi dengan pendekatan mendidik melalui pendekatan hati  (Pendekatan Individual) yang perlu dilakukan oleh Guru / Pendidik. Cara ini terbukti ampuh mengurangai perilaku menyimpang dari anak didik. Pendekatan Individual bagi Guru memaang memberatkan, karena diluar itu Guru Juga harus mengajar yang lebih bersifat pengembangan Kecerdasan pada anak.

2 komentar:

budies said...

setuju pak,............
guru yang baik harus bisa mnejadi contoh, bukan hanya memberi contoh




gimana kalau verifikasi kata saat komen dihilangkan? saya sering gal jadi komen ketika brirokrasi berbelit

budies said...

walah pakai moderasi segala. kaya mau ngadep bupati aja