Tuesday, May 17, 2011

Reputasi positif siswa di Sekolah

 Oleh : Wiyono, S.Pd


Sekolah merupakan ajang interaksi antar siswa dalam proses menuju kedewasaan. Rekam jejak di Sekolah ternyata sangat dipengaruhi oleh kemampuan Siswa secara mandiri untuk bergaul dalam suasana pembelajaran. Ketika beriteraksi siswa sangat dipengaruhi oleh karakter siswa, bakat dan kemampuan siswa, keberanian dan kepercayaan diri siswa.

Kepercayaan diri siswa perlu ditempa dengan latihan dan proses dalam pembelajaran, agar siswa semakin berani mengungkapkan pendapatnya, mengasah kecerdasan di sekolah, dan memiliki kemampuan bersosialisasi dengan siswa lain di Sekolah. Sehingga Siswa merasa bagian dari masyarakat sekolah yang harus dihargai dan mendapat perlakuan yang sama dengan siswa lain.

Terkadang pihak sekolah memperlakukan tidak sama terhadap siswa. ukuran perlakuan standar bagi semua siswa. Terkadang siswa sangat menginginkan popularitas, lebih dari segalanya. Melebihi persahabatan. Hingga popularitas merupakan reputasi positif dalam suatu lingkungan sekolah. Popularitas Siswa  dalam pandangan sosial sering terjadi di Sekolah.

"Menurut Pendapat psikolog sosial menemukan siswa dalam komunitas sekolah bisa dibedakan menjadi subgroup popularitas" Berikut pengelompokannya menurut JOHN ASHER dan JHON COIE :
  1. Anak Popular >>> disukai dan dihormati oleh kebanyakan atau semua teman.
  2. Anak kontroversial >>> disukai oleh beberapa kelompok dan tidak disukai oleh kelompok - kelompok lain
  3. Anak baik >>> tidak terlalu dikenal di sekolah tetapi bisa diterima secara sosial
  4. Anak terabaikan >>> tidak dikenal oleh siapapun ( sebagian anak memilih untuk diabaikan )
  5. Anak tersisih >>> secara aktif dijauhi, kemungkinan menjadi korban kenakalan atau cemoohan teman.
Dengan melihat kelompokkan ini, Guru harus mmapu memberikan layanan sekolah, minimal mampu mengurangi kesalahan sosial yang membuat mereka semakin tersisih, Dalam hal ini Peran Wali Kelas harus Optimal melakukan pengawasan dan memberikan catatan khusus perilaku sosial anak. sekian terima kasih.
Blogged with the Flock Browser

0 komentar: