Sunday, September 18, 2011

Tips menggapai sukses belajar

Oleh :WIYONO, S.Pd
wiyonospd-civiceducation.blogspot.com

Kebiasaan siswa untuk membaca Buku atau referensi perlu dikembangkan sebagai budaya Siswa, bila ingin menggapai sebuah kesuksesan. Kesuksesan hidup maupun kesuksesan dalam belajar. Budaya ini mensyaratkan banyak hal terutama kaitannya hobbi membaca, karena dengan membaca Siswa akan tahu banyak sehingga menjadi pengetahuan yang berguna.



Berikut ini tips untuk sukses belajar versi saya yang bisa dilakukan :
  1. Ruang belajar,  aturlah ruang belajar menjadi lebih menarik, rapi , bersih dan menginspirasi untuk terus belajar, dan menimbulkan semangat membaca. Ruang belajar  dan perabot ruangan bisa ditukar posisi agar lebih variatif. Pencahayaan dalam ruang belajar yang cukup dan terjaga privacy kamu. Unsur kenyamanan sehingga membawa suasana belajar.
  2. Mendengar Musik,  belajar sambil mendengar musik favoritmu menjadi lebih asyik dan menambah ketahanan waktu belajar, tentu saja bagi yang hobby. Bagi yang tidak suka belajar dalam kondisi ini , boleh dalam kondisi sunyi hingga menambah konsentrasi. Mendengar musik bisa lebih menciptakan suasana belajar yang rileks dan enjoy serta suasana belajar yang menjenuhkan pikiran dan otot .
  3. Break,  perlu diselingi dengan break, istirahat sebagai bentuk relaksasi bagi otak dan pikiran anda agar kembali fresh dan segar. Secangkir kopi atau aneka cemilan bisa disiapkan dan dinikmati. Relaksasi perlu untk sekedar menghilangkan kepenatan dan kejenuhan.
  4. Rutinitas,  belajar harus dilakukan dengan rutin, terjadwal dan membuat kesempatan waktu, sehingga belajar lebih bisa fokus, tehnik bertahap sehingga materi belajar tidak menumpuk. Sediakan waktu belajar sesuai kesukaan anda. Waktu pagi lebih bisa diterima dengan baik materi yang anda pelajari.
  5. Melakukan, belajar juga perlu melakukan atau praktek tidak hanya teori yang terkadang membuat anda bosan / jenuh maka ada baiknya anda melakukan / praktek dalam setiap kehidupan sesuai materi yang dipelajari. Praktek terasa lebih manusiawi dan membekas diantara tehnik pembelajaran lainnya. Mungkin praktek bisa kita lakukan setelah teori sudah anda kuasai, atau melakukan secara bersamaan.
  6. Club belajar,  buatlah club belajar atau bergabung dengan kelompok belajar yang sudah ada sesuai dengan minat anda, usahakan muncul dari diri anda bukan karena orang Tua atau Guru. Club belajar di dunia Maya juga mengasyikkan dengan materi beragam, tapi perlu diingat ada banyak iklan yang sering mengganggu. Club belajar dapat juga menambah teman dan interaksi dalam suasana pertemanan dan bisa saling membantu atau memberikan penguatan.
  7. Investigatif dan Detektif, menjadikan anda dalam posisi mencari kebenaran ilmiah, penuh teka - teki dan permasalahan yang harus dipecahkan. Mendapatkan kepuasan dalam menyelesaikan masalah dengan kemampuan pribadi maupun kelompok. Melakukan berbagai penyelidikan dan obserrvasi untuk menguatkan teori dan praktek.
Ini hanyalah sebuah Tips yang berbeda dengan anda, selanjutnya bagaimana anda mengambil sikap dan mengambil langkah untuk lebih maju dari keadaan sekarang.

SEKIAN
      



3 komentar:

budi santosa said...

betul pak,.. ruang belajar yang variatif dan dinamis bisa membuat suasana belajar menjadi manarik. kondisi ini bisa diciptakan kalau muidnya sedikit. sekarang jumlah murid dikelak 40 siswa..jadi susah sekali saya mengatur kelas

budiesastro said...

saya mungkin masuk kategori otak udang ya pak guru

WIYONO, S.Pd said...

Sebenarnya bisa juga, terkadang kita tak memiliki daya juang untuk itu karen banyak faktor.

tak masalah pak,..... udang khan enak dan mahal lho harganya disini. setiap orang memiliki kecerdasannya masing-masing se oga aja briliant