Saturday, November 12, 2011

Jejaring Sosial Untuk Pembelajaran

facebook trend jejaring sosial
Oleh :WIYONO, S.Pd
wiyonospd-civiceducation.blogspot.com


Trend penggunaan Social networking di kalangan masyarakat pelajar mulai berkembang secara pesat. Di kalangan Pelajar telah mulai akrab dengan media jejaring sosial yang menjadi trend tersendiri di kalangan pelajar untuk menyampaikan isi kepala, curahan perasaan dan atau sekedar tulisan gaya pelajar / remaja. Inilah kecenderungan pelajar hari ini dengan segala pernik pernik ungkapan khas gaya ABG yang mencari identitas dan jati diri mereka.

Lalu adakah yang salah dengan perkembangan penggunaan jejaring sosial di kalangan pelajar ?


Perkembangan zaman yang memasuki dekade baru dalam tatanan dunia global tak mampu dibendung dengan berbagai kekuatan dalam pengambilan sikap dan perilaku para pelajar sehingga menyebabkan pelajar lebih suka menggunakan jejaring sosial untuk hal - hal yang tak berkaitan dengan dunia pembelajaran.

Penggunaan jejaring sosial oleh pelajar menjadi bagian kebiasaan pelajar saat ini, sebatas pengamatan penulis hanya menjadi sebuah media hiburan dan arena hiburan online , sebagai akibat dari pemanfaatan waktu , ketika saat santai dan waktu luang. Penulis sendiri menggunakan jejaring sosial dengan banyak misi di dalamnya dan amat idealis bagi sebagian kalangan Guru / Pendidik.

Jejaring sosial bagi penulis adalah sebagai arena berbagi , berpromosi atau hanya sekedar hiburan dengan sedikit informasi yang berkaitan dengan profesi Guru. Jejaring sosial oleh Guru bertujuan dalam rangka mengikuti trend pelajar saat ini, sebagai sebuah penguasaan Media untuk mengontrol pelajar dalam penggunaan berjejaring sosial.

Penulis memberikan penilaian , mengikuti apa yang ada dalam status, tweet yang bisa diamati dari para pengguna yang masih berstatus sebagai pelajar. Harapannya media jejaring sosial diharapkan lebih bisa digunakan dalam pembelajaran, disaat penggunaan waktu sebaik - baiknya dan sebagai media pembelajaran Online di luar ruang. Mengikuti trend zamannya dan lebih menyenangkan, dan menghibur.

1 komentar:

M-Edukasi said...

Blog yang bagus ayo gabung di http://stat.m-edukasi.web.id bersama guru yang lain