Friday, March 16, 2012

Label Sekolah , Prestasi dan Mimpi

Oleh :WIYONO, S.Pd 
wiyonospd-civiceducation.blogspot.com

 Jangan remehkan dengan mimpi para pedjuang dan para praktisi pendidikan yang akan membawa perubahan besar dan mendasar dalam dunia pendidikan. Apa pula yang akan diubah dan berubah dalam dunia pendidikan Indonesia. Bukankah Negara telah mempersiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Dari program Block Grand , Dana BOS yang setiap Tahun mengucur ke berbagai sekolah di seluruh pelosok tanah air.

Terdapat berbagai macam Label sekolah yang melekat sekarang ini menunjukkan adanya keinginan Negara untuk mewujudkan mimpi di dunia pendidikan agar lebih berkualitas, dan mengikuti perkembangan dunia yang mengkilat menuju era tehnologi Unlimited yang melanda dunia. Guru mimpi terwujud dengan peningkatan kualitas pendidikan dengan adanya perhatian pemerintah dalam dunia pendidikan.

Perkembangan Sekolah berlabel Internasional, nampaknya belum menuai hasil yang brilian dan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan oleh negara dan masyarakat. Sekolah berlabel Internasional hanya mencorong di label saja, gagah dan penuh gengsi yang hebat di dengar namun kualitasnya juga masih rata - rata air mirip dengan sekolah tanpa label.

Sekolah berlabel belum sukses membawa pendidikan Indonesia lebih baik, Di Amerika saja Universitas Havard tak memakai label Internasional, akan tetapi prestasi dan kompetensi lulusannya / tamatannya diakui di seluruh dunia, Hebat khan ?......

Lalu untuk apa membanggakan Label Sekolah,  sementara Kita bisa berprestasi tanpa harus memulai dari Label Sekolah. Sebuah dedikasi seorang Guru dan kinerjanya mampu mengatarkan dalam prestasi dan kulitas pendidikan. Kompetensi Guru dalam mengantarkan peserta didik menjadi lebih siap menghadapi permasalahan akan lebih penting.

Peserta didik yang mengubah sebuah peradaban yang lebih maju dan religius menjadi Endingnya pembelajaran di Sekolah walau tanpa label mentereng sekalipun, ya .... dalam istilahku yo kabotan jeneng, malah tele - tele. malah kesuwen.

mari kita bermimpi akan prestasi.

0 komentar: