Thursday, April 05, 2012

Menuju Sekolah Masa depan

Oleh :WIYONO, S.Pd
 Guru SMPN 3 KEMPAS.

 Perkembangan dunia pendidikan mengalami kemajuan di berbagai tempat dan satuan pendidikan. Seringkali kita temukan di berbagai sekolah telah banyak menggunakan peralatan tehnologi dalam dunia pendidikan atau lebih dikenal dengan pembelajaran Multimedia. Pembelajaran E - Learning menjadi kebutuhan mendesak dalam dunia pendidikan. Guru dan komponen sekolah di dalamnya harus lebih akrab dengan Tehnologi Multi media yang gencar merambah dunia pendidikan. Laptop, Infocus menjadi pemandangan keseharian seorang Guru di Era sekarang dan Penggunaan pembelajaran Multi media menjadi solusi dalam kemajuan pembelajaran siswa.

Peralatan Multi media menjadi pemacu semangat anak untuk terus belajar, dengan metode yang menyenangkan bagi mereka. Guru perlu menguasai alat ini untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Siswa lebih menyukai pembelajaran dengan multimedia dibanding dengan cara yang konvensional, yang masih banyak digunakan di berbagai daerah di Indonesia.


Pembelajaran konvensional menuju pembelajaran multimedia menjadi sebuah kebutuhan di era guru sekarang, seolah tak mau ditunda sebagai proses pembelajaran di masa sekarang dan masa depan. Ternyata sisi pembelajaran konvensional terdapat kelemahan bila kita terapkan terus di sekolah, salah satunya kurangnya respon siswa terhadap materi yang guru ajarkan. Tentu hal ini menjadi sebuah kegagalan Guru di dalam lokal, ketika siswanya tak lagi antusias di dalam proses pembelajaran.


Sederet permasalahan di lokal, sering Penulis temukan disebabkan oleh banyak hal, antaranya adalh siswa kurang fokus pada pelajaran, sering bermain dan kurangnya usaha keras dari siswa untuk memahami masalah dalam pelajaran. Setiap Guru terus melakukan pengamatan ini , untuk selanjutnya dicarikan jalan keluar untuk kasus ini melalui PTK/ Penelitian Tindakan Kelas yang gencar digesa di era sekarang sebagai sebuah pengembangan diri dalam keprofesinalannya.

Langkah menuju sekolah masa depan terus berjalan seiring dengan perkembangan zaman, yang menerobos ruang dan waktu. Sehingga siswa mampu mencari sumber pembelajaran di luar Guru. Mencari di internet menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa, Jadi jangan kalah dengan penguasaan multimedia yang notabene siswa lebih cepat akrab dan paham.


1 komentar:

WIYONO, S.Pd said...

Mari menulis untuk meningkatkan kinerja demi kemajuan pendidikan Indonesia