Thursday, August 16, 2012

Kemerdekaan dalam Pendidikan

Oleh :WIYONO, S.Pd
wiyonospd-civiceducation.blogspot.com

 Bertepatan dengan Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 67 tahun, menjadi bahan evaluasi kembali terhadap pelaksanaan pendidikan yang diterapkan di Indonesia. Kesadaran akan peningkatan kompetensi Guru menjadi fokus perhatian pemerintah dalam meningkatkan layanan pendidikan yang bemutu dan mampu bersaing dalam dunia kerja.

Sosok Guru menjadi ujung tombak pendidikan , menjadi salah satu sosok penting untuk selalu dikembangkan komptensinya seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi, dengan swadaya guru dan melalui program - program pemerintah untuk peningkatan layanan pendidikan.

Kucuran dana di dunia pendidikan menjadikan pemicu dan penyemangat dalam mengupayakan pendidikan generasi muda yang lebih punya karakter dan daya saing yang tinggi, karena hal ini akan menjadi bekal dalam membangun negeri ini untuk lebih maju lagi.

Kemerdekaan dalam pendidikan lebih merupakan sebuah gagasan untuk memberikan kebebasan Guru dalam membangun pendidikan dengan kreasi dan inovasi yang guru berikan di dalam ruang -- ruang kelas, pengabdian untuk masa depan, dan kebebasan akademik yang selama ini berindikasi tidak original lagi. Penghargaan terhadap karya guru , menjadi sebuah kebebasan yang alamiah untuk terus dibangun.

Guru diberikan sebuah kebebasan untuk memberikan ekpresi layanan pendidikan dengan tujuan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Berbagai kritik pada Guru bukan membuat kelemahan tetapi lebih berupa pada semangat perubahan pada peningkatan kompetensi dan profesionalitasnya.
semoga saja, Guru Indonesia maju dan berkualitas.

0 komentar: