Wednesday, December 02, 2009

SMA MANDIRI SUNGAI RUKAM, SEKOLAH BARU, SEMANGAT BARU

SEKOLAH BARU, SEMANGAT BARU : …………………MAMPUKAH MANDIRI ?

OLEH : WIYONO, S.Pd ( GURU SMA MANDIRI )***


Dunia pendidikan sekarang sudah mulai mengalami perubahan yang begitu pesat, tantangan Zaman semakin berat, untuk itulah Kita selaku Guru harus mensikapinya dengan penuh tanggung jawab demi kemajuan pendidikan secara nasional, maupun lokal. Secara dimensi pendidikan local, di Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir sudah menunjukkan kemajuan, di tingkat SMA / MA muncul new Competitor yang siap berkompetisi di dunia pendidikan yang berdiri di Desa Sungai Rukam Kecamatan Enok, Masyarakat Sungai Rukam seiya sekata mendirikan SMA Mandiri yang mulai Tahun Ajaran 2009 / 2010 sudah menerima siswa baru.
Kemunculan SMA Mandiri menjadi fenomenal, ketika di tahun – tahun awal mendapat simpati dari orang tua murid, calon siswa dan tokoh masyarakat Sungai Rukam, Pengalihan dan sekitarnya. Orientasi pendidikan SMA yang lebih umum mungkin menjadi penyebab antusiasme masyarakat untuk menyekolahkan anaknya, tak perlu jauh-jauh keluar kota. Dari segi tenaga pengajar / pendidik sudah sesuai dengan pendidikan sarjana ( S1) yang layak mengajar di tingkat SMA.

Berikut daftar tenaga Pengajar SMA MANDIRI SUNGAI RUKAM :

  • PANSURI, S.Ag (KEPALA SEKOLAH)
  • ALISWAN, S.Pd (WAKASEK)
  • NAHRUL RAMLI, S.Pd
  • SITIAM, S.Pd
  • SYAHRIL, SS
  • WIYONO, S.Pd
  • HIDAYATI, S.Pd
  • IRMA NURHAYATI, S.Pd
  • YUSMIATI, S.Pd
  • ABDUL MUNIF, S.Pd.I
  • ALFIZAL, S.Pd
  • AHMAD FADHIL, SH
  • MUHAMMAD LATIEF, S.Pd.I
  • DODI JUANDI, A.Md
  • NENI IRIANI, A.Md

SMA MANDIRI SUNGAI RUKAM menjalin kerjasama dengan SMA Negeri 1 Enok selaku Pembina, untuk memberikan panduan di bidang kurikulum, manjemen sekolah serta tenaga pengajar. Jadi kegiatan pendidikan belajar mengajar dibawah pengawasan langsung oleh pihak yayasan dan dinas pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir. Tak perlu diragukan keberlangsungannya.

IZIN OPERASIONAL TERBIT

Berdasarkan SK : KPTS.34/DISDIK-DIKMENTI/VII/2009 , SMA MANDIRI melakukan kegiatan belajar mengajar seperti sekolah pada umumnya, operasional untuk sementara dibiayai dari yayasan pendidikan mandiri, komite sekolah, dinas pendidikan, serta para donator yang peduli pendidikan. Untuk tahun 2010 sudah direncanakan pembangunan gedung baru yang terletak di Jalan M. Boya Sungai Rukam seluas ± 2 hektar. Pola kurikulum yang dipakai adalah KTSP SMA dengan muatan lokal berdasarkan potensi daerah. Kegiatan pengembangan diri meliputi Olahraga, OSIS, PRAMUKA dilakukan secara rutin. Sebuah terobosan baru akan terus dilakukan untuk mewujudkan sekolah berprestasi, mampu bersaing dan dekat dengan masyarakat. Untuk itulah seluruh sumberdaya yang ada akan dikerahkan demi mencapai pendidikan yang lebih baik.
PERLU KERJA KERAS YAYASAN
Yayasan Pendidikan Mandiri Sungai Rukam harus berusaha, agar penyelenggaraan pendidikan di SMA MANDIRI bisa berjalan konsisten dengan penerapan kurikulum KTSP, mengelola pendidikan, mengelola tenaga pengajar / Guru serta sumberdaya lainnya yang mendukung terhadap keberadaan sekolah. Pada sisi lain Yayasan harus mampu memberikan sumbangan pada fasilitas bangunan, sarana dan prasarana yang masih minimal. Segenap pemikiran harus tercurahkan pada penyediaan fasilitas gedung sekolah, kantor guru dan TU sebagai sarana yang amat penting dalam pendidikan.

UNSUR PENDUKUNG

Daya dukung lingkungan sangat mendukung terhadap keberadaan SMA MANDIRI SUNGAI RUKAM, di daerah ini terdapat SMP Negeri Satu Atap Sungai Rukam, SMP Negeri 2 Enok, SMP Negeri Satu Atap Jaya Bhakti, MTs swasta yang rata – rata mereka berminat untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi, tentu pilihan dan peluang ke SMA cenderung lebih diminati. Kita tak bias meninggalkan peran serta lingkungan dalam membangun pendidikan, yayasan akan berusaha terus melakukan penggalangan dukungan terhadap para orang tua siswa, calon siswa serta warga masyarakat yang peduli pada pendidikan. Orientasi yayasan harus lebih mengutamakan pada keberlangsungan sekolah, strungling oriented, no profit oriented.

Penggalangan dukungan dilakukan dengan berbagai sosialisasi yang harus dilakukan kepada sekolah-sekolah pendukung, segera dilakukan kerjasama pada sekolah pendukung sehingga menambah nilai prestasi dan identitas sekolah.

SEGALA - GALANYA DENGAN ILMU, TAPI ILMU BUKAN SEGALA – GALANYA
SEMOGA SMA MANDIRI SUNGAI RUKAM, KECAMATAN ENOK, INDARAGIRI HILIR DAPAT MEMBAWA PENDIDIKAN LEBIH BAIK



















0 komentar: