Monday, February 22, 2010

ETIKA BERBANGSA DAN BERNEGARA

Mencobalah untuk membaca karya orang, memahaminya, menyimpulkan dan akhirnya menirunya

Pendidikan Kewarganegaraan berhubungan dengan politik terutama menyangkut pada etika dalam berpolitik. Bangsa Indonesia telah memiliki dasar negara Pancasila sebagai sumber etika untuk berpolitik dalam menyelenggarakan negara. Etika sangat berperan dalam penyelenggaraan negara, tapi kebanyakan zaman sekarang orang mulai meninggalkan etika berpolitik.
Menurut kami etika lebih menekankan pada kejujuran kepada rakyat, membela pada kebenaran , tranparan serta tidak memihak kepada siapapun serta lebih menekankan pada kelayakan dan kemampuan pada seseorang. Penempatan para politisi sering tidak sesuai dengan keahlian dan kemampuan, sehingga politisi ini harus banyak belajar kembali extra cepat dalam menyesuaikan kedudukan dan jabatannya. Agar cepat bisa bekerja dan mampu memanage permasalahan dengan baik.

Politisi bergerak harus berdasarkan etika sehingga bisa bertindak jernih, melihat kenyataan dan selalu mendasarkan pada aspek kejujuran, inilah nampaknya barang langka, yang masih dapat kita temukan di negeri tercinta ini . Praktek demokrasi di Indonesia sudah saatnya ditemukan formula yang terbaik untuk membangun negeri sehingga tidak cenderung bebas dan anarkhi ,Pemaksaan kehendak di setiap demonstarasi.

Apa yang harus dilakukan ?
  1. etika kejujuran dikedepankan
  2. hindari pemaksaan kehendak
  3. tegas terhadap setiap pelanggaran
  4. cepat atasi masalah dan tentukan target penyelesaian
  5. budaya silaturahmi dihidupkan kembali dan keterbukaan
Politisi juga harus demokratis dalam mensikapi permasalahan bangsa, tentu setiap penyelenggara negara terdapat kekurangan, mencari solusinya yang terbaik dan rembug bersama.

0 komentar: