Friday, February 19, 2010

MEROMBAK MOTIVASI SISWA DENGAN BLOG GURU

Mencobalah untuk membaca karya orang, memahaminya, menyimpulkan dan akhirnya menirunya

MEROMBAK MOTIVASI SISWA DENGAN BLOG GURU
oleh : wiyono, S.Pd 

Keberhasilan dalam proses pembelajaran, banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor di dalam dan faktor di luar atau lingkungan.Faktor di dalam berarti semua komponen yang ada dalam proses pembelajaran utama yakni guru dan siswa . Faktor di luar adalah lingkungan utama keberadaan sekolah dalam lingkungan masyarakat.

Siapun orangnya keberhasilan target kehidupan kita, keberhasilan dalam pembelajaran diawali oleh Guru. Guru sebagai komponen utama dalam pembelajaran tentunya lebih kreatif dalam lokal, penguasaan kelas, perbaikan metode belajar, pengembangan diri Guru dan penguasaan Tehnologi dalam pembelajaran.

Motivasi Siswa

Banyak ahli yang sudah membahas tentang motivasi, sangat tergantung apa yang menkjadi niat siswa akan menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Keberhasilan pembelajaran diukur dari tingkat pemahaman siswa terhadap materi ajar, pola tingkah laku yang berubah lebih baik serta bila dilakukan evaluasi menunjukkan nilai diatas KKM  yang ditentukan oleh sang guru mata pelajaran.

Modal motivasi akan menjadi energi belajar yang dasyat, dalam melakukan aktifitas belajar, motivasi ini akan bertahan sampai akhir pelajaran apabila siswa menemukan apa yang dia mau, atau sesuai selera siswa dan menyenangkan. Mampukah Guru mewujudkan semua ini ?. Bahan perenungan bagi Guru untuk mewujudkan yang siswa harapkan.

Siswa dengan Motivasi tinggi akan banyak Guru temukan di lokal, apabila mampu mengelola dengan baik, Kalau kita sudah menumbuhkan motivasi siswa, Guru sejati akan berfungsi maksimal yaitu motivator, fasilitator, dan inspirator 

Menjadi Guru Inspirator

Yang terpikir dibenak Guru tipe ini, menumbuhkan ide, gagasan dan inspirasi siswa untuk lebih maju dan kretiatif





0 komentar: