Sunday, February 07, 2010

PEMIMPIN DALAM SEBUAH NEGARA DEMOKRASI

Sebuah negara demokrasi adalah suatu negara yang memberikan ruang kepada rakyat untuk berperan aktif dalam rangka mencapai tujuan negara. Partisipasi ini berupa partisipasi dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan partisipasi di bidang kepemimpinan. Pola negara demokrasi terletak pada manajemen yang melibatkan komponen rakyat untuk menyelesaikan bangsa dan negara.

Permasalahan negara selalu akan timbul yang selalu membutuhkan penanganan dengan segera agar permasalahan tidak menumpuk. Negara demokrasi lebih mementingkan pada kepentingan rakyat, mengutamakan kedaulatan rakyat, pemimpin hanya diberi mandat oleh rakyat sehingga keberadaannya selalu dibutuhkan rakyat termasuk dalam berkeluh kesah. Peminpin negara demokrasi harus siap menerima segala kritik yang ditujukan kepada pemerintah baik yang sifatnya ringan sampai kepada masalah yang besar. Pemimpin harus bersabar dalam menghadapi tuntutan rakyat, karena tuntutan rakyat adalah sesuatu yang mereka rasakan dalam kehidupannya.

Terkadang pemimpin tidak tahu akan kondisi rakyat, lebih bersifat elitis, kurang responsif pada tuntutan rakyat, berpikir negatif kepada setiap demonstrasi yang dilakukan oleh rakyat. Demonstran dalam negara demokrasi akan selalu menuntut dengan berbagai kegiatan untuk menarik perhatian para pemimpin negara demokrasi.

KEMANA ARAH DEMOKRASI KITA ?

Demokrasi kita seharusnya menuju kepada perbaikan secara menyeluruh, konsep demokrasi kita adalah sebagai berikut :
  • berdasarkan pada ketentuan peraturan yang berlaku
  • kandungan etika kesopanan lebih dikedepankan
  • pemerintah harus responsif pada setiap tuntutan rakyat
  • cepat lakukan perbaikan bila tuntutan benar adanya
  • kepentingan rakyat menjadi yang utama
  • tidak alergi terhadap tuntutan
  • siap dikritik
  • tidak memaksakan kehendak.
Pemimpin harusnya mengerti apa keinginan rakyat itulah yang patut dikedepankan.

1 komentar:

SMP NEGERI 4 KERITANG said...
This comment has been removed by a blog administrator.