Saturday, May 22, 2010

DEMONSTRASI ANARKHIS, HAMBAT DEMOKRASI

Mencobalah untuk membaca karya orang, memahaminya, menyimpulkan dan akhirnya menirunya

Mewujudkan sebuah negara yang demokratis tidak mudah, tak cukup dengan peraturan / aturan hukum yang berkaitan dengan demokrasi . Akhir - akhir ini banyak kita lihat unjuk rasa yang anarkhis / merusak berbagai fasilitas umum yang seharusnya kita jaga. Kalau ini menjadi trend dan kebiasaan maka akan berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa dan negara, walau bagaimanapun negara harus tetap kita jaga dan kita bela agara tetap lestari

Bagi penulis Demokrasi itu adalah menahan diri, karena dalam demokrasi pastilah banyak pendapat, pemikiran, saran dan usul sehingga pengambilan keputusan tidak bisa berjalan cepat, karena  pemecahan masalah begitu banyak alternatif.

UNJUK RASA ANARKHIS
Unjuk rasa yang anarkhis apapun alasannya, tetap tak bisa kita toleransi, karena berakibat rusaknya tatanan demokrasi yang Indonesia bangun menuju masyarakat yang demokratis. Pemaksaan kehendak dalam unjuk rasa sering terjadi karena pengaruh psychologi massa yang cenderung emosional dalam menyelesaikan masalah. Masalah baru akan muncul manakala anarkhisme terjadi.

Untuk menghindari unjuk rasa yang anarkhis, perlunya tindakan aparat hukum yang tegas manakala ada tanda - tanda anarkisme yang akan dikembangkan dalam sebuah unjuk rasa. Unjuk rasa salah satu cara dalam menyampaikan pendapat, artinya tidak harus dengan unjuk rasa, masih ada cara lain yang bisa dipakai dalam menyampaikan aspirasi dan keinginan.
yang pasti Unjuk rasa anarkhis harus dihentikan dengan segera, agar permasalahan tidak meluas

0 komentar: