Thursday, May 27, 2010

INTERNET - WIFI DI KAWASAN JEMBATAN INDRAGIRI

Mencobalah untuk membaca karya orang, memahaminya, menyimpulkan dan akhirnya menirunya

 INTERNET - WIFI DI KAWASAN JEMBATAN INDRAGIRI
oleh : WIYONO, S.Pd
PENGAJAR SMPN 1 ENOK BIDANGSTUDI PKN DAN TIK



Dunia begitu cepat mengalami perubahan, era globalisasi telah melanda ke daerah di seluruh dunia, bagaikan air bah dasyat yang tak terbendung, menerjang dan menghantam apa saja yang ada di depannya. Kalau kita tak sigap dan cepat kita khan lenyap, tenggelam, dan bahkan sirna.

Globalisasi

Globalisasi oleh kita harus disikapi dengan arf dan bijaksana yaitu dengan mempersiapka diri dengan ilmu pengetahuan dan memanfaatkan buah dari Globalisasi. Pada bidang pendidikan ditandai dengan adanya penggunaan perangkat TIK atau ICT yang mulai digunakan oleh sebagian Guru di sekolah. Ini adalah pertanda bahwa Guru harus melek Tehnologi sehingga mampu mengontrol kemajuan dan membawa kemajuan pendidikan di Indonesia.

Manfaat Internet begitu dasyat bagi Guru yang harus terus belajar dan menambah kasanah keilmuannya sehingga selalu up todate, sehingga tidak terlindas jaman dan kalah dengan siswa. Siswa sekarang ternyata lebih cepat menguasai tehnologi dari gurunya.

Sekolah dan Internet

Sekolah sebagai lembaga formal sudah seharusnya memberikan fasilitas internet kepada siswanya, juga untuk gurunya (minimal untuk guru dulu). Seberapa ampuhkah internet sehingga wajib ada di sekolah. Ternyata sisi positifnya teramat banyak, walau negatifnya juga selalu mengiringinya. Guru bisa mengurangi kelemahan dengan pengawasan yang ketat di sekolah. 
Nampaknya Pustaka online perlu datang ke sekolah, walau sekarang banyak perpustakaan sekolah yang masih tetap eksis dan diperlukan oleh sekolah

Kerinduan Kemajuan
Yang satu ini penyakit rindu melanda kita, yakni rindu akan perubahan menuju kemajuan. Kalau anda berada di kawasan Jembatan Indragiri, gimana lah kalau ada wifi - internet dibangun atau disediakan di jembatan ini. pastilah banyak para wisatawan yang datang dan berlibur sehingga menjadi kawasan wisata pendidikan untuk kedepannya. Proyek ide tentu tak akan mudah terwujud manakala kita semua memang tak menginginkannya untuk ada.

Rindu kemajuan ibarat mimpi yang kapan entah terwujud, tapi paling tidak kita sekarang bisa menikmati indahnya jembatan hingga memperlancar aktifitas keseharian kita seluruh warga Indragiri . Kalaulah kita berharap minimal kita berinternet ria melalui Ponsel GPRS dimanapun kita berada. Dengan tanpa meninggalkan waktu belajar kita. Apapun kita kemajuan dan tehnologi tetap kita ikuti setuju khan ?

Antisipasi Guru
Guru mempersiapkan diri untuk menguasai tehnologi dan menggunakan sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran lebih kreatif, inovatif dan menyenangkan. Pembelajaran multi media perlu dirintis walau didaerah terpencil atau terbelakang. Karena di balik kesulitan akan ada peluang untuk kita maju dan lebih baik.
Kita pun merindukan pembelajaran yang menyenangkan, aktif dan kreatif, agar siswa betah untuk tetap belajar di lokalnya.










5 komentar:

camera said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Bakharuddin said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Bakharuddin said...
This comment has been removed by a blog administrator.
JAINI said...
This comment has been removed by a blog administrator.
koeshariatmo said...

salam kenal pak...

memang guru harus mengikuti perkembangan teknologi, apalagi guru2 tik seperti kita