Wednesday, March 02, 2011

DEMOKRASI ALA INDONESIA

Mencobalah untuk membaca karya orang, memahaminya, menyimpulkan dan akhirnya menirunya

Pelaksanaan demokrasi di Indonesia terus mengalami perubahan yang begitu cepat seiring dengan bertambahnya kesadaran untuk membangun bangsa dan negara. Tatanan berdemokrasi di Indonesia cenderung berkembang ke arah yang tidak mendukung pada pemahaman dan kesadaran akan Hak Azasi manusia.

Label sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, serasa berkurang makna , manakala demokrasi yang dikedepankan hanya kepentingan individu, kelompok atau untuk kepentingan penguasa saja atau sekedar kepentingan partai politik. 

Sebagai contoh demonstrasi yang anarkhis, merusak, serta memaksakan kehendak, bukan bagian yang harus dikembangkan sebagai sebuah demokrasi. Demokrasi harus berjalan dengan damai dan tertib tanpa mengganggu dan merusak fasilitas umum. Lembaga - lembaga negara harus berfungsi secara maksimal sesuai aturan yang telah dibuat.

Aparatur yang bertugas menjaga kenyamanan masyarakat, Polisi yang sudah diberikan kewenangan harus bersikap tegas bila terjadi anarkhi dalam sebuah demonstrasi, apapun alasannya anarkhi tidak boleh dibiarkan berkembang dan meraja lela, kalu mau negara ini aman dan tertib.

Begitulah fungsi negara............

0 komentar: