Wednesday, June 08, 2011

Indragiri Hilir Pesonamu Kini

Oleh :WIYONO, S.Pd 
wiyonospd-civiceducation.blogspot.com




Indragiri Hilir merupakan Kabupaten yang berada di Propinsi Riau dengan struktur tanah mayoritas Berawa dan gambut dengan mayoritas penduduk bertani dan nelayan. Dengan Komposisi kependudukan bhinneka. Beragam suku bangsa berbaur menyatu membangun Indragiri Hilir.

Pemerintah Indragiri Hilir kini lebih mempesona dibanding sebelumnya, berbagai program pembangunan berangsur mulai dilaksanakan di berbagai bidang kehidupan rakyat. Sehingga menambah pesona Indragiri Hilir, diantaranya dirasakan rakyat betul - betul bermanfaat adalah Listrik Desa yang sudah merata di pelosok desa di Seluruh Kecamatan di wilayah Indragiri Hilir.Namun dengan kapasitas terbatas Energi listrik yang dapat dipergunakan oleh Masyarakat.


Indragiri Hilir  dikenal dengan Negeri Seribu Jembatan, hal ini alasannya karena Indragiri Hilir hampir seluruh Jalanan yang ada dirangkai dengan jembatan besi dan kayu yang membentang diatas sungai dan parit .

Jembatan Indragiri


Jalanan Kampung


 Pesona sungai dan parit menghiasi indahnya daratan , dikelilingi dan dipenuhi kebun kelapa lokal, dan kelapa sawit menyuplai pekerjaan perdagangan dan  industri mampu memberikan mata pencaharian penduduk sekitarnya. 
 
Pesona sungai dan laut menjadi panorama alam yang disyukuri rakyat sebagai bagian anugerah yang perlu diekplorasi secara damai demi kelestarian sumberdaya laut dan sungai. 
 
Pesona budayanya mampu membaurkan berbagai budaya anak negeri, budaya para pendatang, ekpatriat bersatu padu memajukan geliat perekonomian yang kian melaju dan memberikan kenyamanan pada para pelaku bisnis, investor, pengusaha, dan kemajuan pendapatan perkapita penduduk Indragiri Hilir.

Geliat pembangunan pendidikan juga menampakkan dominasinya, dengan terdapatnya UNISI / Universitas Islam Indragiri, STAI ( Sekolah Tinggi Agama Islam ) yang berada di Tembilahan sebagai Ibukota kabupaten Indragiri Hilir. Menampung generasi muda untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan komitmen membangun Negeri Seribu Jembatan.
Dengan melangkah pasti pendidikan di Indragiri Hilir pun mulai terasa efeknya ke segala bidang kehidupan dan di berbagai wilayah kecamatan - kecamatan.
 
Layaknya perjalanan terkadang negeri ini juga terseok - seok untuk menggapai kemajuan,  rintangan dan hambatan selalu menghiasi perjalanan kearah kemajuan. Tentulah ini tak kan menyurutkan hasrat membangun dengan pola partisipatif warga di berbagai bidang dan merata di berbagai wilayah.
 
Memasuki Usianya yang Ke - 46 , Indragiri Hilir  bukan Kabupaten yang terglong muda lagi dan merupakan usia yang sudah mulai menua, sehingga diharapkan berpengalaman dalam mengelola negeri ke arah yang lebih baik. Hasrat membangun warga di Daerah hendaknya dibarengi dengan kebijakan Pemerintah yang Pro Rakyat.

Dan Kini saatnya melayani rakyat, memperhatikan dam peduli kepada rakyat. 
bukan minta dilayani rakyat .

sekian.
 
Selamat Milad Indragiri Hilir, Semoga ALLAH SWT Mencintai dan merahmati Indragiri Hilir yang penuh keadilan dan kenyamanan untuk kemajuan bersama


3 komentar:

Tarry KittyHolic said...

Masih natural, ijo terasa sejuk kayaknya. . . . Hehe
Mg makin maju n sukses di segala bidang :)
Salam. . . . .

geomania said...

Ass... Salam kenal Pak Wiyono. Wah rupanya pembangunan di Indrahilir cukup pesat. Buktinya jembatan dibangun begitu banyaknya. So kt org jembatan merupakan bagian dari nadi pembangunan

WIYONO, S.Pd said...

salam untuk sobat. sukses selalu