Thursday, June 09, 2011

Membangun Indragiri Hilir Tanpa Polusi

Oleh :WIYONO, S.Pd 
wiyonospd-civiceducation.blogspot.com

Tepian Sungai Indragiri
Takkan ada dalam pikiran kita membangun itu merugikan, pastilah yang namanya membangun tentu saja untuk kesejahteraan Warga dan untuk memberikan nilai lebih pada semua warga di lingkungannya. Terkadang membangun menimbulkan masalah baik terhadap lingkungan maupun bersingungan dengan budaya Lokal yang menjadi nilai sosiologis masyarakat sebagai benteng nilai peradaban.

Kajian soal membangun tentu dilakukan jauh - jauh hari sebelum dilakukan , dengan melakukan kajian intensif terhadap problematika yang mungkin akan timbul di kemudian hari. Hal ini dimaksudkan untuk menekan sekecil mungkin " korban" pembangunan yang merasa dirugikan. " Korban" pembangunan yang muncul haruslah segera diselesaikan oleh Pemerintah selaku otoritas Pembangunan daerah. 

Menjadi Negeri yang maju, selalu dibarengi dengan pembangunan pada sektor perdagangan dan industri untuk mendorong pendapatan daerah demi kemjuan pembangunan. Pembangunan industri pertanian, perikanan yang pro rakyat menjadi kata kunci kemajuan perekonomian.

 Takkan bisa dibantah lagi, industri menjadikan geliat ekonomi tumbuh dinamis seiring dengan kemajuan industri dan perdagangan. Membawa efek perkembangan perumahan, pertokoan, dan sentral - sentral kawasan desa /kota baru bermunculan di sekitar kompleks industri. Menjadi kawasan baru dengan peradaban yang baru.

Menghindari dampak negatif pengembangan kawasan industri, di sekitar sungai perlu diwaspadai bilamana terjadi pencemaran atau polusi,  dengan cara upaya maksimal pencegahan terhadap limbah industri yang membahayakan kehidupan manusia dan lingkungan. Perusahaan harus memberikan jaminan aman untuk kehidupan manusia dan keberlangsungannya.
Perusahaan harus juga memberikan kontribusinya terhadap masyarakat untuk berpartisipasi di dalamnya perkembangan, dan ikut dalam pengembangan peradaban yang terbentuk akibat interaksi keduanya.

Konsep pembangunan berkesinambungan layak, dimajukan dengan semboyan membangun Indragiri Hilir tanpa polusi. Dengan harapan bisa terwujud dengan dukungan bersama

SELAMAT BER- MILAD 
Sekian

0 komentar: