Sunday, June 12, 2011

Kopra Indragiri Hilir, Terbesar di Indonesia

Oleh :WIYONO, S.Pd
wiyonospd-civiceducation.blogspot.com

sumber internet poto


Kesejahteraan nampaknya mulai berangsur - angsur bisa dinikmati oleh para petani Kelapa di wilayah Indragiri Hilir, dengan meningkatnya harga kelapa di tingkat pasar, pengepol kelapa, sehingga menjadikan rakyat lebih bisa meningkat pendapatnya.


Kelapa jadi primadona warga Indragiri yang mayoritas bertani kelapa dengan luas lahan yang tersebar di berbagai kecamatan. Hampir di sepanjang daerah warga bekerja di sektor ini dengan berharap pendapatan meningkat sehingga kebutuhan terpenuhi. Pertanian kelapa merupakan warisan terdahulu yang sampai sekarang masih bertahan walau kadang tidak banyak menghasilkan atau menguntungkan bagi petani.

Upaya pemeliharaan terus dilakukan oleh para petani dengan memberikan pupuk, pembuatan kanal / parit - parit, pembersihan lahan, pola pengaturan air di sepanjang lahan pertanian kelapa. Tentu dengan harapan hasilnya lebih meningkat. Pengelolaan pertanian ini masih bersifat tradisional dikarenakan kekurangan modal, belum menguasai tehnologi, dan kemungkinan kurang adanya perhatian pemerintah di sektor ini.
berikut hasil produksi kelapa rakyat Pertahun sebesar  390.924, 28 Ton dengan luas lahan 295.380, 24 hektare, bahkan juga mampu memproduksi sebanyak 67.055,59 ton kelapa hibrida dengan luas lahan 28.770 hektare (Sumber Koran) akan mampu menjadikan Indragiri Hilir menjadi yang terbesar penghasil kelapa di Indonesia.
Produksi kelapa Indragiri Hilir akan mampu menjadi komoditi yang handal untuk menjadikan Indragiri Hilir lebih sejahtera, dengan peningkatan kuantitas dan kualitas produksi kelapa

semoga

5 komentar:

muhaimin said...

salut, atas anda mengulas daerah anda? memang kita harus memberikan info daerah kita ke dunia luas agar lebih dikenal. lalu siapa yang memajukan jika gak kita. mampir balik pak guru

WIYONO PRODJO MULYO said...

OK, makasih pak, postingan ini dibuat menyambut Milad Inhil. salam untuk kemajuan pendidikan indonesia

adi said...
This comment has been removed by the author.
Ardian Firdaus said...

Wah Keren bang .....
Tpi sayangnya Daerah Kita masih Belum Banyak yang Tau ...
Mudah2an Saja Penghasilan kelapa Diinhil Ini Akan semakin terus meningkat ....
Dan Kesejahteraan masyarakat kita makin terjamin Tentunya ...
Amin...
:)

WIYONO PRODJO MULYO said...

thank kunjungannya, amin , salam pendidikan