Friday, September 16, 2011

Senyum tulus Untuk Guru

Oleh :WIYONO, S.Pd 
wiyonospd-civiceducation.blogspot.com

Ketika pembelajaran di lokal sedang berlangsung, terkadang Guru menjumpai beberapa perilaku siswa yang kurang dan tidak berkonsentrasi dengan mata pelajaran yang diajarkan Guru di lokal.Sehingga sebagai Guru perlu mengoreksi terhadap performanya di Lokal/ kelas dan sekaligus memberikan nasehat pada siswa selaku pendidik.

kontemplasi terhadap performa Guru perlu dibiasakan untuk memberikan perbaikan dan perubahan kinerja sehingga Materi bisa disampaikan dan dikemas dengan selera siswa sehingga siswa tergugah untuk kembali fokus pada materi pelajaran.Perlu waktu untuk merubah performa Guru di lokal sehingga menjadi Guru Yang Inovatif dan membangkitkan siswa untuk Lebih Kreatif.

Guru Inovatif , adalah mereka yang mampu mengemas materi ajar menjadi lebih hidup dan menarik dan variatif Model pembelajarannya sehingga mampu merangsang siswa untuk tetap konsentrasi/ fokus pada materi. Guru Inovatif mampu menghadirkan hal yang baru dalam setiap pembelajarannya, membuat penasaran dan keingintahuan siswa tinggi , dan berakhir dengan tujuan pembelajaran yang sukses dengan tingkat pemahaman tinggi bagi siswa.


Blogger  merasa untuk menjadi yang satu ini memang sangat menyenangkan dan menjadi kebanggaan bagi seorang Guru, bahkan menjadi idealisme yang kuat, Namun apa yang terjadi, terkadang terkendala dengan tidak adanya dukungan dari sekolah, para Top Managemen/ pengambil kebijakan tak mampu memberikan spirit atau sekedar reward bagi para Guru yang masih sepi hingga kini.Apresiasi terhadap kinerja Guru belum menjadi budaya di negeri ini. Profesi Guru masih dipinggirkan dan perannya dalam berkinerja terus masih disorot , dengan justifikasi Tidak profesional.

oups.... jangan patah semangat, Guru masih memiliki siswa yang setiap hari memberikan imaginasi dengan polah dan tutur kata unik. Inilah sang apresiator sejati, sang penyemangat sejati, serta pembelajar sejati.Sangat perlu didikan para Guru. Kreatifitasnya mampu mendobrak keadaan menjadi serba baru sehingga menjadikan Pembelajaran lebih menyenangkan dengan idealisme positif untuk kemajuan bangsa dan negara.

Siswa akan memberikan senyum penilaian pada para Guru, manakala seorang Guru memberikan yang terbaik bagi dirinya.Bagi masa depannya.
Guru inovatif, mereka yang mampu menjadikan masalah sebagai sebuah tantangan yang membawa kearah kemajuan dan prestasi.
 

2 komentar:

koeshariatmo said...

Guru Inovatif... semoga saya dapat terus berupaya untuk itu

WIYONO, S.Pd said...

Mengasyikkan, kita selalu berusaha mewujudkannya