PEMBELAJARAN MODEL CBI
Pembelajaran sebagai upaya komunikasi yang dilakukan oleh dua pihak antara Guru dan murid, yang bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan , informasi, ketrampilan hidup yang akan diiperlukan oleh peserta didik. Pengajar selalu akan memberikan pelayanan pada peserta didik agar mampu memahami terhadap permasalahan pelajaran yang diberikan oleh guru
Guru mampu memberikan motivasi siswa agar mampu bertahan belajar dalam ruang kelas dengan penuh semangat, konsentrasi, dan belajar yang menyenangkan. Pembelajaran CBI adalah merupakan solusi di era sekarang. Perkembangan tehnologi informasi memberikan keleluasaan siswa untuk mencari sumber belajar sendiri dengan bebas sesuai dengan apa yang mereka minati.
Sumber belajar dapat kita dapatkan dengan mudah di internet yang begitu canggih, mampu memberikan segala informasi yang akan kita cari. Pembelajaran CBI merupakan Upaya pembelajaran yang berbasis Komputer dan koneksi ke internet. Untuk melakukan praktek pembelajaran CBI , Guru harus mampu mengoperasikan komputer dengan baik dan tak gagap Tehnologi / Gaptek.
FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN CBI :
- sarana komputer terkoneksi internet dalam sekolah
- para pendidik harus sudah menguasai ICT dan perangkatnya
- dana yang harus tersedia
- partisipasi orang tua siswa kembali digalakkan untuk pengadaannya
- Motivasi siswa dan minat akan terbangkitkan
- mengikuti perkembangan Zaman
- bahan belajar mudah didapatkan
- prestasi belajar dapat meningkat
- memberi tantangan pada siswa dalam hal tehnologi
FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN CBI :
- Pembelajaran CBI bagi sebagian guru masih merupakan hal yang baru, terkadang alergi mendengarnya
- kuatnya paradigma guru masa lalu yang masih melekat pada sebagian guru
- tak ada sarana ICT di sekolah
- partisipasi orang tua rendah untuk kemajuan sekolah
PEMBELAJARAN CBI HARUSKAH .....?
Apapun alasannya pembelajaran CBI harus bisa semaksimal mungkin dilaksanakan, dunia sudah mengarah kesana, tantangan harus dihadapi dengan segala resikonya. Siswa sekarang sudah amat kreatif ketika diluar sekolah, mereka mencari sumber belajar sendiri sesuai kesenangannya. Guru bisa mengarahkan pembelajaran yang memberikan penguatan pada siswa.
Guru sekarang sedang berusaha untuk menguasai ICT dalam pembelajaran sehingga dapat memberikan pembaharuan dalam sistem pembelajaran di pelosok Indonesia.
Tak ada yang sulit, kalau kita mau dan yakin untuk mewujudkannya.
0 komentar:
Post a Comment